PEMBELAJARAN BAHASA PROGRAM 5000 DOKTOR-KEMENAG RI

Program Penguatan Bahasa 5000 Doktor-KEMENAG RI

WhatsApp Image 2017-10-27 at 13.56.21Terkait dengan program penguatan bahasa, PPB UIN Syarif Hidayatullah memiliki beragam pengalaman mulai dari layanan kursus untuk kalangan internal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sampai layanan untuk masyarakat umum. Dalam ranah internal, PPB berpengalaman mengelola kursus untuk kurang lebih 3000 mahasiswa setiap tahun. Selain itu, PPB juga memberikan layanan penguatan bahasa (TOEFL) dan academic writing untuk dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Untuk layanan kepada masyarakat luar, sejak tahun 2015 misalnya, PPB mendapat kepercayaan dari LPDP untuk memberikan layanan penguatan bahasa untuk penerima beasiswa LPDP baik yang akan kuliah di dalam maupun luar negeri. Dosen-dosen yang terlibat dalam layanan-layanan penguatan bahasa ini adalah dosen-dosen yang memiliki kualifikasi sangat baik dan lulusan luar negeri. Salah satu indikator yang dibanggakan adalah tingkat keberhasilan yang relatif tinggi dibuktikan dari capaian skor peserta.

Selain itu, di tahun 2017 ini Pusat Pengembangan Bahasa UIN Syarif Hidayatullah mendapat kepercayaan dari Kementereian Agama Republik Indonesia (KEMENAG RI) untuk mengadakan Program Pembelajaran Bahasa untuk para calon penerima beasiswa Program 5000 Doktor.

Sama halnya dengan LPDP, kegiatan ini bertujuan untuk; Menyiapkan peserta untuk meraih nilai maksimal dalam IELTS, membangun pengetahuan dan keterampilan menulis akademik (academic writing), membangun keterampilan menampilkan wacana akademik dalam bentuk lisan (academic discourse oral presentation) serta membekali peserta dengan wawasan akademik (study skills) dalam menempuh pendidikan S2 atau S3.

Dan dalam materi, keseluruhan program ini akan meliputi pelatihan; IELTS preparation, Presenting Academic Discourse I (Academic Writing). Presenting Academic Discourse II (Oral Presentation), Study Skills dan CCU (Cross Cultural Understanding) dan Proposal Mentoring. Pemateri dalam kegiatan ini adalah dosen-dosen bahasa Inggris UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berpengalaman dalam mengajarkan materi-materi pelatihan dan memiliki latar belakang pendidikan S2 dan/ atau S3 di luar negeri.