CILACS UII Yogyakarta Kunjungi PPB UIN Jakarta

cilac-kunjungi-ppbTepat pada hari Selasa, 2 Februari 2016, Pukul 12.00 WIB, Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mendapat kunjungan dari Center for International Language and Cultural Studies (CILACS) UII Yogyakarta. CILACS merupakan sebuah lembaga unit bisnis di bidang pengembangan dan layanan kebahasaan di lingkungan UII Yogyakarta, tepatnya berada di bawah Pembantu Rektor 2 UII Yogyakarta.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) yaitu Siti Nurul Azkiyah Ph.D, didampingi oleh tim PPB yang terdiri dari Dr, Muhbib Abdul Wahab, Mukhshon Nawawi, M Husni Thamrin, Yeni Rahmawati, M.Ed, Rosyida Erowati, M.Hum, Devi Yusnita, M.Pd, Sholehudin, MA dan Syahirul Alim, M.Si. Sementara rombongan tim UII ini terdiri dari 5 orang yaitu Ibu Fitri Nugraheni, P.hD (Direktur), Dinar Darundini, Aditya Suci (Marketing), Suprihatin (Manager Akademik), dan Aldhika Deinza (Manager Litbang).

Kegiatan kunjungan ini berlangsung secara informal dan penuh suasana kekeluargaan. Didahului dengan perkenalan dari masing-masing lembaga, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan singkat dari Kepala PPB perihal struktur lembaga dan program unggulan yang dijalankannya serta forum tanya jawab. Dalam sambutan pembukanya, Kepala PPB, Siti Nurul Azkiyah Ph.D, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan ini dan siap berbagi ilmu dan pengetahuan dalam rangka pengembangan bahasa. Setelah itu, dilanjutkan dengan penjelasan maksud dan tujuan kunjungan oleh Direktur CILACS. Menurut Fitri Nugraheni, P.hD, selaku Direktur, kunjungan ini merupakan kunjungan balasan (setelah PPB UIN Jakarta mengunjungi CILACS tahun lalu) dan ingin menimba pengalaman perihal pengembangan bahasa terutama menggali lebih jauh pengalaman PPB UIN Jakarta dalam rangka pengembangan bahasa Arab yang dikenal sudah mumpuni terutama dengan icon TOAFL (Test of Arabic as a Foreign Language) nya.

Forum diskusi pun diawali dengan pemaparan Mukhshon Nawawi, selaku Koordinator Bahasa Arab perihal TOAFL perihal detail muatan TOAFL dilengkapi dengan penjelasan dari Muhbib Abdul Wahab, selaku salah satu inisiator pembuatan TOAFL hingga akhirnya mendapatkan HAKI dari Kementrian Hukum dan HAM RI. Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab perihal banyak hal terkait pengembangan bahasa Arab.

Semoga kunjungan ini bisa membawa manfaat sebesar-besarnya bagi kedua lembaga dalam rangka pengembangan bahasa yang lebih baik lagi. Amiin. (SAA)

You may also like...