ETIC setara dengan TOEFL Prediction Test

PPB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai lembaga bahasa di bawah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah lembaga yang diberikan mandat untuk melaksanakan tes kebahasaan termasuk tes profisiensi bahasa Inggris (EPT / English Proficiency Test) untuk sivitas akademika UIN Jakarta dan masyarakat umum.

EPT yang kami selenggarakan mempunyai nama ETIC (English Test for Islamic Community). ETIC telah terdaftar di Daftar Umum Ciptaan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan mempunyai HAKI dengan nomor pencatatan 083771.

Tes ETIC setara atau ekuivalen dengan TOEFL Prediction Test.

TOEFL adalah merek produk tes bahasa yang dimiliki oleh ETS (Educational Testing Service – https://www.ets.org/) yang berpusat di Amerika Serikat dan secara resmi hanya merujuk kepada tes bahasa yang diselenggarakan oleh mereka dengan merek TOEFL ITP, TOEFL PBT (Paper-based Test)  dan TOEFL IBT (Internet-based Test).

Semua tes Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh lembaga bahasa selain ETS (Educational Testing Service) yang menguji aspek kebahasaan meliputi Listening, Reading dan Structure (Grammar) dengan tingkat kesulitan serupa TOEFL ITP/PBT/IBT dan yang menggunakan prosedur dan metode pengujian dan pelaksanaan sebagaimana TOEFL ITP/PBT/IBT secara umum disebut sebagai TOEFL Prediction Test. Tes semacam ini disebut dengan Prediction Test karena memang substansinya serupa dengan tes TOEFL ,hanya saja tes ini tidak diselanggarakan oleh ETS (Educational Testing Service). Setiap lembaga bahasa baik negeri maupun swasta di Indonesia memiliki nama produk Prediction Test yang berbeda-beda.

You may also like...