ITP di Ponpes Daar El-Qolam 3

PPB News- (15/02/2022) PPB UIN Jakarta menandatangani dan melaksanakan program kerjasama dengan Pondok Pesantren Daar El-Qolam 3 yang bertajuk PPBA (Program Pengayaan Bahasa Asing). Selain kursus bahasa, salah satu bentuk kerjasama yang diimplementasikan adalah Ujian TOEFL and TOAFL untuk seluruh santri tingkat akhir.

Kegiatan ujian TOEFL ITP resmi ETS dan TOAFL santriwan/santriwati kelas akhir Pondok Pesantren Daar El-Qolam 3 tersebut berlangsung dengan sukses hari ini, Selasa (15/2/2022). Total 358 santri tingkat akhir mengikuti tes untuk keperluan akhir menyelesaikan studi.

Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Daar El-Qolam 3 Kampus Dza ‘Izza desa Pangkat kecamatan Jayanti kabupaten Tangerang Banten dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat karena peserta melaksanakan ujian secara luring. “Alhamdulillah pelaksanaan ujian bahasa Inggris-Arab ini berjalan lancar. Mudah-mudahan hasil tes bahasa ini dapat membantu santriwan/santriwati melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi luar negeri,” ujar koordinator pelaksana tes TOEFL ITP dan TOAFL pusat pengembangan bahasa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Alviena Refani Noviatianti.

Refa mengungkapkan, sebanyak 358 santriwan dan santriwati mengikuti ujian TOEFL ITP resmi ETS hari ini dengan pengawasan dan proctoring yang ketat. Selain itu terdapat juga 22 santriwan/santriwati yang mengikuti ujian TOAFL untuk keperluan melanjutkan studi ke Timur Tengah.

Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta membuka pelaksanaan tes Bahasa Inggris (TOEFL ITP) dengan sertifikat standar internasional sebagai bentuk pelayanan bagi siapa pun yang ingin memperoleh sertifikat profisiensi bahasa. PPB UIN Jakarta telah menjalin kerja sama secara institusional dengan lembaga IIEF yang memiliki otoritas untuk mengeluarkan sertifikat TOEFL ITP dari ETS (Educational Testing Service) Amerika Serikat dilansir dari laman https://pusatbahasa.uinjkt.ac.id/toefl-itp-institutional/ (Selasa, 15/2/2022).

Sementara TOAFL (Test of Arabic as Foreign Language) merupakan hak cipta paten yang digagas oleh beberapa dosen bahasa Arab yang berafiliasi ke Pusat Pengembangan Bahasa. TOAFL sudah dipatenkan menjadi hak cipta yang terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM RI dengan nomor C00201305564, 16 Desember 2013. Sejak saat tanggal diberlakukan, TOAFL sudah resmi menjadi trademark bagi model tes bahasa Arab yang dimiliki oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dilansir dari laman https://pusatbahasa.uinjkt.ac.id/toafl-resmi-menjadi-hak-cipta-milik-uin-jakarta/ (Selasa, 15/2/2022).

Koordinator Bahasa Inggris PPB UIN Jakarta, Muh. Shohibussirri menyampaikan bahwa pelaksanaan tes bahasa dengan model seperti ini merupakan implementasi dari visi PPB UIN, yakni penyelenggaraan pelayanan bahasa yang prima untuk masyarakat umum di sekolah atau lembaga pendidikan lain di luar lingkungan kampus. Harapannya adalah agar santri dan santriwati pondok pesantren bisa merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan TOEFL dan TOAFL tanpa harus was-was dengan penularan virus Covid-19. Yang tak kalah penting, kerjasama seperti ini adalah untuk merawat asa dan menjaga harapan mereka untuk studi di luar negeri meskipun pandemi belum terhenti. (am).

You may also like...