Jajaki Internet Based TOEFL (iBT), Pusat Bahasa Gelar Workshop

Pusat Pengembangan Bahasa UIN Jakarta telah menyelenggarakan workshop mengenai TOEFL iBT (Internet-based TOEFL) pada tanggal 4 – 5 November 2014 bertempat di gedung NICT-HRD. Workshop dengan nama Propell® Workshop for TOEFL iBT® diselenggarakan oleh PPB UIN Jakarta bekerja sama dengan International Test Center Indonesia selaku pemegang lisensi distribusi produk test ETS di Indonesia (Country Master Distributor). ETS atau Educational Testing Service sendiri adalah lembaga swasta non-profit yang bergerak di bidang pengembangan alat ukur atau assessment untuk pendidikan yang telah terkenal dengan produk testnya seperti TOEFL®, TOEIC®, dan GRE®. Propell® Workshop for TOEFL iBT® ini bertujuan untuk membekali peserta dengan strategi belajar dan mengajar TOEFL iBT® dengan mengedepankan kegiatan-kegiatan kelas yang aktif dan yang dapat memotivasi siswa.

Bertindak sebagai narasumber untuk pelatihan ini adalah ibu Hafilia R. Ismanto yang merupakan trainer resmi dari ETS untuk kegiatan Propell® workshop for TOEFL iBT. Pelatihan ini diikuti oleh total 38 peserta yang berasal dari sivitas UIN Jakarta dan dari beberapa perguruan tinggi dan instansi luar, seperti dari Universitas Syiah Kuala Aceh, Politeknik Negeri Tanah Laut Kalimantan Selatan, dan EduStar English Center Jakarta. Di akhir pelatihan, seluruh peserta mendapatkan kesempatan untuk menguji kemampuan Bahasa Inggrisnya dengan mengikuti latihan TOEFL iBT resmi dari ETS secara online melalui program TPO atau Test Practice Online.

Melalui kegiatan ini, Pusat Pengembangan Bahasa UIN Jakarta berharap dapat lebih mengenalkan TOEFL iBT® kepada civitas akademika UIN Jakarta dan juga masyarakat luas. Selain itu, pelatihan ini juga dimaksudkan sebagai bagian dari persiapan Pusat Pengembangan Bahasa UIN Jakarta sebelum membuka program TOEFL iBT® preparation class. (TGH)

You may also like...