Kerjasama Pelatihan Bahasa Arab Ditjen PHU Kemenag 2021

Foto Bersama Peserta Pelatihan dan Instruktur Bahasa Arab

PPB News (30/11/2021) Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Republik Indonesia menjalin kerjasama kelembagaan dengan Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam melaksanakan Pelatihan Bahasa Arab bagi para pegawai ASN di lingkungan Ditjen PHU Kemenag RI.

Pelatihan Bahasa Arab ini secara umum bertujuan untuk membekali para peserta dengan pengetahuan tentang bahasa Arab beserta komponen kebahasaannya, membekali keterampilan berbahasa Arab yang dapat diterapkan secara aktif dan komunikatif dalam pelaksanaan tugas, terutama dalam menyimak, bercakap, dan membaca. Selain itu, pelatihan ini juga berupaya untuk menumbuhkan kesadaran para peserta tentang pentingnya penguasaan bahasa Arab dalam melaksanakan pekerjaan, dan mengembangkan pemahaman tentang budaya bangsa Arab serta melibatkan diri dalam keragaman budaya.

Di samping itu, target jangka pendeknya adalah para peserta diharapkan mampu melakukan komunikasi berbahasa Arab secara sederhana dengan pelafalan bunyi-bunyi bahasa Arab yang berterima guna membekali mereka kemampuan dasar yang dapat mereka kembangkan sendiri dalam melakukan komunikasi harian berbahasa Arab dengan rekan kerja dalam ruang lingkup penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Kegiatan ini diselenggarakan mulai Senin, 29 November 2021 sampai dengan Jumat, 3 Desember 2021 dari pagi hingga sore hari secara intensif, dan terdiri atas 3 rombongan belajar. Para pengajar terdiri dari dosen-dosen bahasa Arab yang berlatarbelakang magister dan doktor dan juga lulusan timur tengah, sehingga dapat memberikan para peserta contoh-contoh keterampilan berbahasa secara aktif dan komunikatif.

Mukhshon Nawawi, MA selaku koordinator bahasa Arab PPB UIN Syarif Hidayatullah mengemukakan bahwa kerjasama ini menjadi sangat penting untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas berbahasa Arab para pegawai ASN di lingkungan Ditjen PHU Kementerian Agama RI yang mana bahasa Arab menjadi salah satu bahasa target mereka dalam memberikan pelayanan terkait Haji dan Umrah serta menopang dalam pekerjaan mereka., (red. MN).

You may also like...