Kerjasama PPB UIN Jakarta dan LPDP: Pelatihan IELTS Bagi Penerima Beasiswa ke Luar Negeri

Jakarta, Pusat Pengembangan Bahasa — Untuk pertama kalinya, Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Jakarta dipercaya oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementrian Keuangan RI untuk menjadi mitra kerjasama dalam rangka persiapan bahasa para calon Mahasiswa penerima beasiswa ke luar negeri.

Sebagai realiasasinya, Senin, 30 November 2015 pukul 13.00 WIB bertempat di Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Jakarta, seremonial pembukaan program kerjasama tersebut dilaksanakan. Hadir pada acara pembukaan ini  adalah Kepala Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Jakarta, Dr. Siti Nurul Azkiyah Ph.D M, dan perwakilan dari LPDP (M. Setiawan dan Septina Andriani) serta  25 orang calon penerima beasiswa LPDP yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

Menurut Kepada PPB, Nurul Azkiyah, pelatihan ini  merupakan persiapan mahasiswa penerima beasiswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya terutama untuk persiapan tes IELTS. Hasil dari tes IELTS tersebut nantinya akan dipergunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi di luar negeri. Setelah hasil yang diharapkan tercapai, barulah penerima beasiswa tersebut dapat diberangkatkan.

Masih menurut Azkiyah, pelatihan ini dirancang berlangsung selama 3 bulan semenjak Desember 2015 hingga Februari 2016. Keseluruhan pelatihan akan terdiri dari 150 sesi, dimana masing-masing sesi terdiri dari 2 jam pelajaran. Pelatihan ini bersifat intensif, yakni 6 hari dalam seminggu. Peserta akan mengikuti kelas dari pagi hingga sore kemudian dilanjutkan dengan belajar mandiri. Materi-materi yang akan diajarkan adalah IELTS materials, academic writing, academic speaking, dan study skill. Selain belajar bahasa, peserta juga akan menerima materi tentang Cross Cultural Understanding yang bertujuan memberikan pemahaman budaya negara tujuan studi.

Sementara itu, perwakilan LPDP (M. Setiawan dan Septina Andriani) dalam  paparannya banyak memberikan penjelasan tentang detail program beasiswa LPDP ini seperti penjelasan program, dana beasiswa, mekanisme teknis penyaluran beasiswa dan tindak lanjut program. Di kesempatan ini juga dibuka forum Tanya Jawab yang disambut antusias oleh para peserta yang banyak bertanya mengenai beberapa persoalan yang dihadapi mereka.

Selamat untuk PPB UIN Jakarta dan LPDP atas pembukaan kegiatan pelatihan ini. Semoga sukses dan lancar. (SAA)

You may also like...