Matrikulasi Bahasa Inggris dan Arab: Upaya Penting PPB Meningkatkan Kemampuan Bahasa Mahasiswa

pusatbahasa.uinjkt.ac.id, Jakarta — Seperti diinformasikan sebelumnya bahwa sejak tanggal 2 – 11 Oktober 2015, Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  telah membuka pendaftaran kelas matrikulasi bahasa Inggris dan Arab bagi mahasiswa semester 1. Sementara waktu pelaksanaannya, mulai 12 Oktober sampai dengan 19 Desember 2015.

Menurut Kepala PPB, Siti Nurul Azkiyah Ph.D, kelas matrikulasi yang tidak dipungut biaya alias gratis ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dasar bahasa Inggris dan Arab mahasiswa yang selama ini dianggap masih kurang maksimal. Hal ini dibuktikan dengan kecilnya porsentase rata-rata perolehan nilai English Proficiency Test (EPT)dan TOAFL mahasiswa selama masa ujian masuk tahun 2015 lalu.

Respons mahasiswa atas pembukaan kelas matrikulasi ini ternyata cukup besar. Sampai hari ini peserta yang mendaftar untuk kelas bahasa arab dan inggris sudah mencapai angka 800 mahasiswa. Besarnya respon mahasiswa ini cukup membanggakan karena memberikan bukti masih besarnya antusisme mahasiswa untuk menguasai dan mendalami bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa penting dalam mendalami kajian-kajian keilmuan berbagai disiplin ilmu di lingkungan UIN Jakarta.

Tim pengajar untuk kelas matrikulasi ini adalah para dosen pilihan yang memiliki kemampuan mumpuni di bidang pengajaran bahasa Arab dan Inggris. Untuk bahasa Arab misalnya terdapat nama-nama dosen berpengalaman di bidang pengajaran bahasa Arab seperti Dr. Muhbib Abdul Wahab, Dr. Ahmad Dardiri, Dr. Ade Asnawi, Dr. Ahmad Sekhudin, Mukhshon Nawawi, MA, Drs. Syamsul Arifin dan lain sebagainya. Sementara untuk bahasa Inggris, terdapat nama-nama seperti Atik Yuliani, MA.TESOL, Elve Oktafiyani, M.Hum, Inayatul Chusna, M.Hum, Neneng Sunengsih, M.Pd, Ummi Kultsum, M.Pd dan lain sebagainya.

Saat ini, kegiatan matrikulasi ini sudah memasuki gelombang pertama dari tiga gelombang yang direncanakan, dimana setiap gelombang akan berlangsung selama 5 minggu. Untuk lokasi kelas, tersebar di Gedung Pusat Bahasa, Gedung Pascasarjana, Gedung Fakultas Psikologi dan Gedung Fakultas Kedokteran yang semua nya terpusat di kampus 2 UIN Jakarta.

Kehadiran kelas matrikulasi ini diharapkan dapar benar-benar dapat memicu ghirah atau semangat mahasiswa untuk mempelajari, mendalami dan menguasai Bahasa Arab dan Inggris sebagai bekal penting dalam meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di UIN Jakarta. Selamat belajar dan optimis. (SAA)

You may also like...