Pentingnya Mahasiswa Baru UIN Jakarta Menyiapkan Kompetensi Bahasa Asing

Tolok ukur keilmuan pelajar dan mahasiswa salah satunya tentu saja kemampuan bahasa asing, pasif maupun aktif. Bahasa asing–di lingkungan civitas akademika UIN Jakarta adalah Arab dan Inggris–memang menjadi kriteria umum yang harus dikuasai mahasiswa maupun seluruh civitas akademikanya, mengingat kedua bahasa asing ini, erat kaitannya dengan visi UIN Jakarta sebagai “world class university”. Penguasaan atas dua bahasa asing ini, “diwajibkan” kepada mahasiswa baru UIN Jakarta, sesuai dengan SK Rektor UN.01/R/HK.005/233/2012 sebagai pemenuhan syarat kelulusan dengan standar skor nilai yang ditetapkan.

Dengan demikian, penting bagi mahasiswa untuk diingatkan sejak dari awal, agar mempersiapkan kompetensi ini sebagai langkah mudah dalam menyelesaikan ujian skripsi. Keputusan SK Rektor sebagaimana diatas, mendorong seluruh fakultas dalam menentukan prasyarat kelulusan melalui penguasaan kedua bahasa asing ini (Arab dan Inggris). Sebab, berdasarkan pengalaman yang telah terjadi, mahasiswa seringkali terburu-buru memenuhi persyaratan ini dengan tanpa persiapan ulang melakukan tes kebahasaan dan sering kali hasilnya harus mengulang.

Hendaknya mahasiswa telah memenuhi kewajiban memiliki kompetensi bahasa ini sebelum masuk di Semester 6 sehingga setelah semester 6 tinggal fokus pada penulisan tugas akhir atau skripsi. Mahasiswa UIN dituntut agar menyelesaikan perkuliahannya tepat waktu, sehingga tidak ada alasan akibat kompetensi bahasa yang kurang maksimal dan seringkali tidak disadari sejak awal, seringkali terabaikan. Keputusan dalam SK Rektor disebutkan, bahwa standar minimal untuk Bahasa Arab adalah 375 untuk prodi umum; 400 untuk prodi agama; dan 500 untuk prodi Bahasa Arab, Tarjamah, dan Dirasat Islamiyah. Sedangkan untuk standar Bahasa Inggris adalah 450 untuk prodi umum dan 500 untuk prodi bahasa.

Dengan memiliki kompetensi bahasa asing yang baik, banyak keuntungan dan kemudahan yang akan diperoleh, seperti kesempatan student exchange di Luar Negeri, KKN di LN, disamping itu, kompetensi bahasa dapat secara kompetitif memiliki akses yang lebih luas dalam dunia kerja, terlebih UIN Jakarta saat ini telah memiliki Pusat Karir yang akan memudahkan setiap mahasiswanya yang memiliki kompetensi bahasa asing masuk ke perusahaan-perusahaan atau lembaga-lembaga tertentu yang membutuhkan. Selamat mengikuti tes kompetensi bahasa asing bagi mahasiswa dan persiapkan sejak dini kemampuan dalam bidang bahasanya!

You may also like...