Peserta Diklat Guru Bahasa Arab Mengikuti TOAFL di UIN Jakarta

ujian_toafl_gurubdkjakarta.kemenag.go.id, Jakarta – Bertempat di Pusat Bahasa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tanggal 15 Maret 2012, Balai Diklat Keagamaan Jakarta berkerjasama dengan Pusat Bahasa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melaksanakan TOAFL (Test of Arabic as a Foreign Language) bagi peserta Diklat Guru Bahasa Arab MA.

Tes yang diikuti oleh seluruh peserta Diklat tersebut bertujuan untuk mengetahui performa dan kompetensi salah satu keterampilan bahasa peserta diklat atau keseluruhannya, sesuai dengan ukuran kuantitatif tertentu. Secara pribadi peserta juga dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya dalam hal penguasaan Bahasa Arab.

Materi yang diujikan dalam TOAFL ini meliputi pengetahuan dalam pembendaharaan kata (vocabulary), struktur kalimat, tata bahasa (grammar), membaca (reading comprehension), dan mendengarkan (listening).

Sebelumnya, peserta dibekali dengan materi-materi yang terkait dengan persiapan TOAFL pada Diklat Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah Tingkat lanjutan Angkatan I dari tanggal 5 s.d 16 Maret 2012. Fasilitator Diklat tersebut terdiri dari Widyaiswara dan Dosen Balai Diklat Keagamaan Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan LIPIA Jakarta.

Dengan mengikutsertakan dalam TOAFL diharapkan Peserta Diklat Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab MA Tk. Lanjutan dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan yang dimilikinya dalam hal penguasaan Bahasa Arab untuk kemudian kelemahan tersebut dapat diminimalisir dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah.

You may also like...