PPB Gelar Ujian TIPA (Tes Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) Level Pemula

tipa-2016Gd. Pascasarjana UIN Jakarta — Selasa, 26 April 2016, Pukul 09.00-12.00 WIB, Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar ujian TIPA (Tes Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) level pemula bagi 10 peserta yang berasal dari berbagai negara seperti  Maroko, Yaman, Filipina, dan Gambia bertempat di Gedung Pepustakaan Paskasarjana UIN Jakarta Lantai 1.

Menurut koordinator bahasa Indonesia PPB UIN Jakarta, Rosyidah Erowati, M.Hum, tes ini dilakukan setelah seluruh peserta pelatihan dapat menyelesaikan pelatihan intensifnya selama 1 bulan penuh semenjak  tanggal 29 Maret 2016 hingga 25 April 2016.

Materi yang diujikan dalam ujian ini meliputi 5 kemampuan yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis terutama perihal kaidah bahasa dengan tema perkenalan informal dan formal, kesehatan, transportasi, perniagaan, dan ibadah.

Ujian kali ini berlangsung sangat kondusif selama 4 jam, diselingi waktu istirahat yang dilakukan secara bergiliran. Para peserta terlihat siap menghadapi ujian karena mereka telah mempelajari bahan-bahan yang diujikan pada hari itu. Namun terlihat beberapa peserta yang cukup tegang menghadapi ujian ini.

Saat ini, hasil ujian tengah dianalisis dan di nilai oleh tim Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing, dan akan menjadi dasar untuk pelaksanaan level berikutnya bagi mahasiswa yang bersangkutan.

Ke depannya, seluruh mahasiswa asing ini diharapkan dapat menguasai bahasa Indonesia sehingga mereka dapat mengikuti seluruh agenda perkuliahan dengan lancar. Di rencanakan para mahasiswa ini akan mengikuti perkuliahan di bulan September mendatang. (SAA)

You may also like...