PPB UIN Jakarta dan IFI Adakan Kegiatan Kerjasama Kelas Perkenalan Bahasa Prancis untuk Dosen

“Pengajar bahasa asing sebaiknya belajar bahasa baru setiap 5 tahun sekali. Belajar bahasa baru akan sangat membantu meningkatkan kompetensi pengajar bahasa asing”

Dr. Philippe Grangé, Atase Kerjasama Linguistik Kedutaan Besar Prancis.

 

Pusat Pengembangan Bahasa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bersama Institut Français d’Indonésie (IFI) telah menyelenggarakan kegiatan kerjasama berupa Kelas Perkenalan Bahasa Prancis dan Pengajarannya bagi Pengajar Bahasa di UIN Jakarta pada 19-21 Oktober 2020. Acara yang dibuka oleh Wakil Rektor IV UIN Jakarta, Prof. Dr. Andi Faisal Bakti, M.A. ini diikuti oleh 17 peserta dari berbagai fakultas. Dalam pengantarnya, Prof. Andi Faisal Bakti, M.A. menyampaikan dekatnya bahasa Prancis dengan dunia akademia Islam. Setelah pembukaan tersebut, Atase Kerjasama Linguistik Kedutaan Besar Prancis, Dr. Philippe Grangé, menyampaikan dukungannya untuk kegiatan ini dan memotivasi para peserta yang sebagian besar pengajar bahasa agar mempelajari bahasa baru.

Acara pembukaan dilanjutkan dengan materi pertama dalam kelas ini, yaitu mengucapkan salam dan berpamitan, memperkenalkan diri dan orang lain, yang dilakukan secara interaktif dalam kelas zoom oleh pengajar IFI Wijaya, Iwan Khrisnanto, M.Hum.. Sesi ini diakhiri dengan diskusi dengan para peserta tentang penggunaan beragam aplikasi yang telah digunakan dalam kelas hari pertama.

Hari berikutnya, kelas ini diisi dengan materi keluarga, masih bersama M. Iwan Khrisnanto. Untuk materi hari ke-2, M. Iwan memperkenalkan penggunaan aplikasi interaktif lainnya. Sesi ini juga diakhiri dengan diskusi terkait penggunaan aplikasi yang telah diperkenalkan pada sesi kedua. Kelas yang selalu berlangsung interaktif berhasil membuat peserta antusias belajar.

Sesi hari ketiga diisi oleh narasumber dari Kedutaan Prancis, Mme. Coline Carretier, koordinator di bidang kerjasama linguistik yang juga seorang ahli dalam pengajaran bahasa asing (FLE) dengan materi “How to Teach Foreign Language Using Authentic Document.” Untuk sesi ini, panitia juga membuka undangan terbatas untuk peserta umum, agar diskusi berlangsung efektif. Sesi ini tetap berlangsung hangat dan membuat peserta antusias.

Mme. Syarah Andriani, penanggung jawab IFI Wijaya yang juga koordinator di Pusbasa-IFI, menyatakan kegembiraannya dengan antusiasme dan partisipasi aktif para peserta dalam kegiatan ini, serta berharap kerjasama lanjutan akan terselenggara antara Pusbasa-IFI dengan fakultas untuk kelas-kelas tematik bahasa Prancis.

(Kontributor Rosida E: koordinator di PPB UIN Jakarta)

You may also like...