PPB UIN Jakarta Gelar Pembukaan Kursus Bahasa LPDP, KURBAS dan Simulasi IELTS

PPB online, Jakarta — Senin, 4 April 2016, Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar acara Pembukaan kursus LPDP, KURBAS dan sekaligus simulasi IELTS bertempat di ruang auditorium Fakultas Psikologi UIN Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Jakarta (Siti Nurul Azkiyah, Ph.D), Direktur Perencanaan Usaha dan Pengembangan Dana LPDP (Muhammad Mahdum), IDP Operation Manager Pondok Indah (Ailyxandria Praditia) dan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Prof Dr. Dede Rosyada, MA), namun ternyata beliau berhalangan karena secara tiba-tiba dipanggil oleh Mentri Agama Republik Indonesia.

Dalam sambutan pembukanya, Kepala Pusat Pengembagan Bahasa (PPB) UIN Jakarta, Siti Nurul Azkiyah Ph.D, menyampaikan bahwa kegiatan serimonial ini dilakukan sekaligus untuk 3 kegiatan yaitu untuk pembukaan secara resmi “Pelatihan Bahasa Inggris untuk mahasiswa LPDP” dan “Kursus Bahasa Asing (KURBAS)” serta simulasi ujian IELTS. Secara khusus ia menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas kepercayaan LPDP yang telah memberikan kepercayaan untuk ke-2 kalinya kepada PPB UIN Jakarta sebagai mitra penyelenggara pelatihan bahasa inggris bagi mahasiswa penerima beasiswa LPDP. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada IDP Pondok indah yang memberikan kesempatan kepada PPB UIN Jakarta untuk mengadakan simulasi IELTS.

Sementara itu, Direktur Perencanaan Usaha dan Pengembangan Dana LPDP, Muhammad Mahdum, dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada PPB UIN Jakarta yang kembali menjadi mitra LPDP tahun ini. Ia berharap semoga ke depan jumlah mahasiswa yang ikut pelatihan di PPB tidak hanya 20 mahasiswa saja tetapi bisa lebih dari 100 mahasiswa. Apalagi bila UIN Jakarta (secara khusus program Paskasarjana) secara resmi menjadi partner strategis LPDP dalam mengelola program double degree bekerjasama dengan universitas terkemuka di luar negeri, tentunya akan lebih bagus dan intens lagi kerjasamanya.

Setelah sambutan, kegiatan ini selanjutnya diisi  oleh tanya jawab dan diskusi perihal “program beasiswa LPDP” bersama Siti Nurul Azkiyah (PPB) dan Muhammad Mahdum (LPDP) yang berlangsung sangat menarik. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan dari peserta perihal program beasiswa LPDP yang dijawab langsung oleh kedua narasumber. Salah satunya adalah perihal kemungkinan peluang bagi penerima beasisa LPDP universitas dalam negeri, pindah ke universitas di luar negeri. Pertanyaan ini langsung dijawab oleh, Muhammad Mahdum, “sangat mungkin bisa terjadi, asal hasil review dari para reviewer pada saat test direkomendasikan ke luar negri karena masing-masing mahasiswa memiliki kelebihan masing-masing dan yang tahu hanyalah para reviewer”. Secara umum diskusi ini berlangsung sangat menarik dan peserta sangat puas mendengar jawaban-jawabannya.

Terakhir, kegiatan ini diisi oleh Simulasi IELTS oleh perwakilan IPD Pondok Indah (Ibu Ailyxandria Praditia), yang didahului dengan presentasi singkat mengenai kiat-kiat mempelajari IELTS secara efektif.

Semoga seluruh agenda kegiatan yang secara resmi dibuka pada hari ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses dan dapat membawa manfaat bagi kemajuan dan peningkatan kualitas SDM seluruh mahasiswa sebagai asset bangsa terbaik. Amiin. (SAA).

You may also like...