Latih Bus Captain Untuk di Saudi, PPB UIN Jakarta Kerjasama dengan PTC

PTC (Public Transportation Company), salah satu perusahaan joint venture antara SAPTCO (Saudi Public Transport Company) dengan RATP-Dev (Régie Autonome des Transports Parisiens) Perancis, baru-baru ini menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Keduanya bersepakat untuk melakukan kerjasama dalam bidang pelatihan bahasa Arab dan bahasa Inggris untuk para supir bis (bus captain) yang akan dipekerjakan di negara Arab Saudi

Kontrak kerjasama ini disepakati selama 2 tahun, terhitung mulai 2019 sampai tahun 2021 mendatang. Kerjasama ini pertamakalinya dilakukan PPB dengan menggaet perusahaan asing berskala internasional, sekaligus suatu kebanggaan atas kepercayaan perusahaan yang berbasis di Arab Saudi ini terhadap UIN Jakarta dan PPB melatih kelancaran berbahasa asing para pegawainya. Untuk tahap pertama, PTC menempatkan 23 pegawainya untuk dilatih kemahiran berbahasa asing dan pelayanan terhadap penumpang (customer service) selama 3 minggu sebelum mereka diberangkatkan. Para pegawai yang telah lolos seleksi ini, merupakan calon pekerja terpilih yang sebelumnya telah menguasai dasar-dasar bahasa Arab dan Inggris secara lebih baik.

Para pekerja ini, direkrut oleh PT DEKA PERKASA yang merupakan mitra PTC di Indonesia untuk melakukan berbagai seleksi yang cukup ketat. Pelatihan bahasa asing telah dilaksanakan sejak 11 Februari yang lalu dan masih berlangsung hingga kini. Sebagai bagian dari keluarga besar UIN Jakarta dengan semangat “world class university” tentu saja tidak hanya terkait dengan civitas akademikanya yang dapat menjadi penghubung terhadap dunia pendidikan internasional, namun PPB dengan membuka peluang kerjasama dengan perusahaan internasional, dapat membuka jalur yang lebih luas untuk kerjasama-kerjasama menguntungkan lainnya, khususnya dalam bidang pelatihan bahasa asing.

You may also like...