Reorientasi Pengajaran Bahasa di Perguruan Tinggi

workshop bahasaPusat Bahasa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada bulan Juni 2011 menggelar acara worshop pengajaran bahasa yang bertema: “Reorientasi Pengajaran Bahasa di Perguruan Tinggi: Antara Pemantapan Bahasa Indonesia dan Penguasaan Bahasa Asing”. Workshop ini diikuti 30 peserta yang berasal dari dosen-dosen bahasa, baik Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab yang diundang secara khusus dari beragam fakultas di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Acara workshop ini dibuka oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Komaruddin Hidayat dan Keynote Speech oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Dr. Fairul Jabadi, Kabid. Proses Pembelajaran, Kemendiknas.

Dalam acara pembukaan ini, rektor mengingatkan pentingnya penguasaan atas bahasa asing, karena bahasa merupakan “kunci pembuka” untuk cakrawala keilmuan yang lebih luas. “Tanpa penguasaan bahasa, manusia akan kerdil dalam wawasan bahkan dia akan tertinggal secara teknologi. Maka kuasailah bahasa karena dengan bahasa kita akan mampu membuka dunia secara lebih luas,” ungkap Rektor UIN Jakarta di sela-sela pidato pembukaan acara workshop ini.

Dari 30 orang peserta yang hadir, mereka dibagi dalam tiga kelompok yang masing-masing membuat rekomendasi pengajaran bahasa di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ketiga kelompok tersebut mewakili dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Dari hasil workshop tersebut dapat disimpulkan bahwa, pengajaran bahasa di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta perlu ditingkatkan secara intensif karena hal ini sangat berhubungan dengan misi utama UIN Jakarta menjadi “world Class University” yang diharapkan bahwa lulusan-lulusan UIN Jakarta paling tidak dapat menguasai salah satu bahasa asing intenasional.

You may also like...