PRE-DEPARTURE TRAINING PENERIMA BEASISWA LPDP

Menempuh pendidikan di perguruan tinggi luar negeri membutuhkan kesiapan dari berbagai aspek. Diantaranya adalah kesiapan dari aspek keterampilan berbahasa pengantar perkuliahan dan strategi belajar yang baik (study skill). Kedua keterampilan tersebut adalah syarat mutlak agar setiap pelajar mampu mengikuti kegiatan pembelajaran secara maksimal.

Perguruan tinggi di luar negeri memiliki asumsi bahwa setiap pelajar internasional telah memiliki kemampuan memahami dan menggunakan bahasa yang dijadikan pengantar pembelajaran di negarat tersebut. Di negara-negara penutur bahasa Inggris, mahasiswa asing disyaratkan untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang diukur melalui tes sertifikasi yang diakui secara internasional. Di perguruan tinggi di wilayah Amerika Utara, misalnya,  mahasiswa harus memiliki nilai TOEFL minimum yang disyaratkan; sementara di beberapa negara Eropa dan negara anggota persemakmuran Inggris biasanya menggunakan IELTS sebagai alat ukur kemampuan bahasa yang diakui.

Selain kemampuan bahasa, strategi dalam belajar (study skill), terutama dalam hal mencari informasi akademik, menulis naskah akademik, dan mempresentasikan wacana akademik secara tertulis maupun lisan, juga adalah kemampuan yang sangat penting. Perguruan tinggi berasumsi bahwa hal-hal tersebut dapat dilakukan oleh setiap mahasiswanya secara mandiri.

Mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri, seringkali mendapatkan kendala dalam kedua aspek penting tersebut. Sehingga, mahasiswa Indonesia tidak dapat menampilkan kemampuannya secara maksimal baik di saat mengikuti perkuliahan, mengerjakan tugas, maupun saat berinteraksi dengan sesama mahasiswa lainnya. Untuk itu, penting sekali bagi tiap mahasiswa Indonesia untuk menyiapkan diri dengan mengembangkan kemampuan bahasa dan study skill sebelum berangkat belajar di perguruan tinggi luar negeri.

Berkaitan dengan hal tersebut,  Pusat Pengembangan Bahasa UIN Syarif Hidayatullah dipercaya oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk mengelola program persiapan mahasiswa Indonesia penerima beasiswa LPDP sebelum belajar di perguruan tinggi luar negeri. Program ini adalah salah satu bagian dari program pelatihan bertajuk: “Pre-Departure Training Penerima Beasiswa LPDP”. Program tersebut sudah hampir 2 tahun berjalan dan akan terus berlanjut sesuai dengan permintaan pihak LPDP.

Program tersebut bertujuan; Menyiapkan peserta untuk meraih nilai maksimal dalam TOEFL ITP dan IELTS, membangun pengetahuan dan keterampilan menulis akademik (academic writing) dan membangun keterampilan menampilkan wacana akademik dalam bentuk lisan (academic discourse oral presentation) serta Membekali peserta dengan wawasan akademik (study skills) dalam menempuh pendidikan S2 atau S3.

Secara umum, materi-materi yang diajarkan meliputi; TOEFL preparation, IELTS preparation, Presenting Academic Discourse I (Academic Writing), Presenting Academic Discourse II (Oral Presentation) dan Study Skills. Adapun pemateri dalam kegiatan ini adalah dosen-dosen bahasa Inggris UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang berpengalaman dalam mengajarkan materi-materi pelatihan dan memiliki latar belakang pendidikan S2 dan/ atau S3 di luar negeri.