TOAFL

Ketentuan Umum Tentang Pelaksanaan Tes TOAFL di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Jakarta

I.PESERTA TES

Peserta  Tes  dibagi dalam tiga kategori peserta, yaitu:

  1. Mahasiswa aktif UIN Jakarta baik S1, S2 mau pun S3, program Reguler;
  2. Dosen dan Karyawan UIN Jakarta dan
  3. Umum.

Pembagian kelompok peserta di atas semata-mata berhubungan dengan biaya tes dan tidak menyangkut pelayanan administrasi mau pun akademis.  Secara administratif, peserta tes selanjutnya dapat dikelompokkan sebagai peserta perorangan dan peserta rombongan.

II. SYARAT DAN PROSEDUR PENDAFTARAN TES

  1. Calon peserta tes diharuskan mendaftar di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Jakarta paling  lambat satu hari sebelum tes dilaksanakan. Hanya calon peserta yang telah terdaftar secara resmi yang berhak dan diperbolehkan mengikuti tes.
  2. Pada waktu pendaftaran, calon peserta tes diharuskan menunjukkan identitas diri berupa KTM/ surat keterangan aktif kuliah bagi mahasiswa aktif UIN Jakarta; Surat Keterangan bagi dosen, karyawan dan Dharma Wanita UIN Jakarta atau KTP/SIM/Passport bagi peserta umum.
  3. Adapun mahasiswa, dosen, karyawan, dan Dharma Wanita UIN Jakarta yang tidak dapat menunjukkan  identitas diri seperti disebutkan akan diperlakukan seperti peserta umum.
  4. Calon peserta tes dapat juga mendaftar secara rombongan tetapi tetap tunduk pada ketentuan di atas.
  5. Calon peserta juga dapat mengubah/mengundurkan jadwal tesnya dengan pemberitahuan secara langsung atau melalui telepon, dengan ketentuan jika pemberitahuan dilakukan paling lambat sehari sebelum waktu tes, maka calon peserta tidak dikenakan sanksi apa pun.

III. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN TES

Tes Bahasa Inggris dilaksanakan setiap hari Rabu dan Kamis yang akan disesuaikan dengan tanggal dan jam yang tertulis pada kartu peserta tes setelah selesai melaksanakan administrasi pendaftaran. Dalam keadaan mendesak, peserta perorangan dapat meminta jadwal khusus yang akan diatur dengan syarat dan ketentuan tersendiri oleh Pusat Pengembangan Bahasa. Dalam keadaan tertentu, peserta rombongan dapat meminta jadwal dan tempat tes khusus yang akan diatur dengan syarat dan ketentuan dan persyaratan khusus oleh Pusat Bahasa.

IV. BIAYA TES

Biaya tes ditetapkan berdasarkan kelompok peserta sebagaimana disebutkan di atas, yaitu:

  • Mahasiswa UIN Jakarta sebesar Rp.  75.000,-
  • Dosen/Karyawan UIN Jakarta sebesar Rp.  75.000,-
  • Umum sebesar Rp. 100.000,-

V. PELAKSANAAN TES

Pada waktu tes, peserta diharuskan membawa dan menunjukkan kepada pengawas tanda peserta tes dan identitas diri berupa KTM, KTP, SIM atau Passport  (asli dan bukan fotokopi). Peserta yang tidak dapat menunjukkan tanda peserta tes dan/atau identitas diri seperti disebutkan di atas, tidak dibolehkan mengikuti tes pada hari itu dan harus menjadwal-ulang tesnya pada kesempatan berikutnya. Para peserta tes diwajibkan mematuhi tata-tertib tes yang ditetapkan oleh Pusat Bahasa.

VI. HASIL TES

Hasil tes dikoreksi dan diolah secara objektif dan profesional oleh korektor yang ditunjuk oleh Pusat Bahasa atas pertimbangan akademis yang bisa dipertanggungjawabkan dan karenanya bersifat final dan tidak dapat diganggu-gugat.

VII. SERTIFIKAT

Hasil tes diberikan kepada peserta dalam bentuk sertifikat yang mencantumkan nilai 3 bagian kompetensi  (Masmu’, Tarokib dan Maqru’) dan Skor Tes.

Ejaan nama yang tertera dalam sertifikat adalah sama dengan ejaan nama yang tertera dalam formulir pendaftaran yang diisi oleh calon peserta sendiri, oleh karena itu setiap perubahan ejaan nama yang diminta oleh peserta menjadi tanggung jawab peserta yang bersangkutan dan akan dibebankan biaya penggantian sertifikat yang diatur oleh Pusat Pengembangan Bahasa.

Sertifikat yang hilang atau rusak dapat diganti dengan surat keterangan nilai dan akan dibebankan biaya administrasi sebesar Rp. 35.000.  Sertifikat dianggap sah apabila sudah ada paraf korektor, tanda tangan Direktur Pusat Pengembangan Bahasa serta cap/stempel Pusat Pengembangan Bahasa UIN Jakarta.

Sertifikat selesai dalam 5 (lima) hari kerja setelah tes dilaksanakan dan dapat diambil di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Jakarta oleh yang bersangkutan atau orang yang diberi kuasa dengan menunjukkan kwitansi pembayaran biaya tes.

Masa berlaku sertifikat adalah 12 bulan sejak dikeluarkan atau seperti yang ditentukan oleh instansi pengguna (user) sendiri